JoomlaLock.com All4Share.net

Bupati OKI: Mari Kita Lindungi Anak-anak Dari Penyakit Polio

SE, OKI - Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2016, dihadiri langsung oleh Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar SE, perwakilan dari Kementrian Kesehatan Dr. Vanda Siagian, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan H. Mulyono, SKM. Mkes, Kepala Dinas Kesehatan Kab. OKI H. M. Lubis, SKM, Mkes, Ketua TP PKK Kab. OKI Lindasari SE, seluruh Kepala Dinas, Kepala Badan dan Kepala Kantor di jajaran Pemerintah Kab. OKI, Dandim 0402 OKI, Wakapolres OKI, Camat Kota Kayuagung dan para dokter, bidan serta segenap tenaga medis yang ada di Kabupaten OKI, Selasa (8/3/2016).

Pencanangan PIN Polio ini sendiri berlangsung di halaman Puskesmas Celikah Kabupaten OKI.

Kegiatan ini berlangsung serentak selama satu pekan, dimulai pada tanggal 8 sampai dengan 15 Maret 2016 di seluruh provinsi ataupun daerah di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. OKI H.M. Lubis, SKM,MKes mengatakan, PIN Polio merupakan imunisasi tambahan Polio kepada balita 0 hingga 59 bulan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

"Artinya, sekalipun sebelumnya ada sebagian balita yang sudah mendapat imunisasi Polio, tetap diharuskan mendapat imunisasi tambahan," kata dia.

Menurut Lubis, pada pelaksanaan tahun ini sasarannya sebanyak 91.809 balita yang dilaksanakan selama sepekan (8-15 Maret 2016). Tujuannya untuk memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada bayi kemungkinan munculnya kasus polio.

“Di OKI sampai saat ini belum pernah ditemukan kasus Polio. Pemberian imunisasi Polio di OKI dilaksanakan serentak pada 327 desa atau kelurahan.”

"Areal cakupan imunisasi dasar pada bayi lebih dari 98%, untuk itu pada pos PIN yang berjumlah 728 unit disiagakan dua orang tenaga kesehatan yang bertanggung jawab, dibantu dengan dua kader kesehatan lainnya," jelas Lubis lagi.

Sementara itu Bupati OKI Iskandar SE, meminta kepada tenaga kesehatan untuk serius melaksanakan program ini. Bahkan dirinya menginstruksikan agar melakukan sweeping terhadap balita yang berada di desa untuk sgera diberikan imunisasi.

“Mari kita lindungi anak-anak kita dari penyakit Polio dengan melakukan imunisasi, hindarkan anak-anak kita dari penyakit Polio. Saya harapkan kepada selurun tenaga medis maupun kesehatan agar bekerja dengan baik dan maksimal.”

“Hari ini sampai tanggal 15 Maret mendatang adalah hari PIN. Saya harapkan masyarakat bisa membawa anaknya ke pos PIN atau puskesmas yang terdekat untuk mendapatkan obat Polio," ajaknya.

Terpisah, Menurut Dr. Vanda Siagian, antusias masyarakat sangat baik, dan juga pengetahuan para kadernya tentang pelaksanaan PIN Polio ini cukup bagus.

"Upaya dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten OKI ini menjadi sangat bagus dengan antusiasme dan sosialisasinya. Pelaksanaan program ini sangat penting, karena akibat dari Polio ini sangat berbahaya, bisa menyebabkan lumpuh," tuntasnya. (JM/ADV)

Last modified on Tuesday, 08 March 2016 12:11

About author

Admin

PT. SEGUGUK EKSPRES INTERMEDIA
Jl.Veteran No.01 Kel.Cintaraja Kota Kayuagung
Kabupaten Ogan Komering Ilir – 30614 Sumsel

Login to post comments
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…