JoomlaLock.com All4Share.net

Ingin Terhindar Dari Jerawat, Rajinlah Berpuasa

SE - Anda memiliki masalah dengan jerawat yang meradang? Cobalah rajin berpuasa. Pada dasarnya, berpuasa merupakan cara detoxsifikasi alami yang dilakukan tubuh. Dalam keadaan berpuasa maka banyak hormon pertumbuhan yang ikut berkembang dan tumbuh untuk mengganti sel-sel atau hormon yang sudah lama. 

Menurut Kartika, Dokter Specialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, berpuasa memang membuat kualitas kulit menjadi lebih baik dan kenyal.

"Puasa itukan detox buat tubuh kita juga, mengurangi yang tidak baik di dalam tubuh, dan mempercepat regenerasi sel. Jadi kalo ada yang bilang dengan puasa kulit kita dehidrasi jadi kering keriput atau kusam itu salah, karena tubuh kita tidak akan langsung mengalami dehidrasi ke kulit, yang mempengaruhi keadaan kulit adalah cuaca yang langsung terpapar pada diri kita," ujar Kartika, Senin 13 Juni 2016

Ia menjelaskan bahwa jerawat timbul disebapkan beberapa faktor seperti makanan. Bukan hanya lemak, yang ternyata berpengaruh pada timbulnya jerawat, melainkan kadar glukosa tinggi yang dikonsumsi menjadi salah satu faktor tertinggi penyebab timbulnya jerawat. Kartika mengatakan dengan berpuasa kita akan mengurangi beberapa kebiasaan seperti mengkonsumsi makanan atau manis berlebih, dan biasanya memilih makanan yang sehat, sehingga pada saat berpuasa peradangan jerawat bisa teratasi.

"Dengan puasa kita kan diajari menahan diri, makan ga sembarangan, jadi lebih terjaga. Untuk itu saya sarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dalam kemasan dan juga minuman dalam kemas yang memiliki kadar glukosa atau gula tinggi. Lebih baik mengkonsumsi buah dan sayur seimbang agar peradangan jerawat bisa lebih ringan" ujar Kartika.

Pada saat puasa beberapa masalah muncul seperti kulit kering dan kusam bukanlah salah satu dampak tubuh mengalami dehidrasi, hal tersebut terjadi karena cuaca yang memang tidak menentu dan juga intensitas cahaya matahari yang langsung terpapar kulit. Pada umumnya saat berpuasa kulit kita menarik air dari lingkugan bukan hanya air yang dikonsumsi, seperti saat berwudhu, kulit akan menyerap air untuk melembapkan. Maka dari itu, ia juga menyarankan agar menggunakan pelembab kulit untuk menjaga kelembaban dan kekenyalannya.

"Beberapa kali puasa yang saya rasakan selalu berbarengan dengan musim panas atau pancaroba, sebenarnya itu yang menjadi masalah kulit, bukan dehidrasi. Maka sebaiknya penggunaan pelembab yang teratur sangat dianjurkan agar kulit tidak kering, pecah dan kusam juga mengkonsumsi makanan yang cukup, cukup protein cukup gula tanpa berlebihan" ujar Kartika. ®

Share this article

About author

Admin

PT. SEGUGUK EKSPRES INTERMEDIA
Jl.Veteran No.01 Kel.Cintaraja Kota Kayuagung
Kabupaten Ogan Komering Ilir – 30614 Sumsel

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Login to post comments
SE - Anda memiliki masalah dengan jerawat yang meradang? Cobalah
SE - Sudah rahasia umum bahwa merokok adalah kebiasaan yang ...
SE - Mejelis Ulama Indonesia (MUI) menyayangkan program di TVRI
SE - Pertanyaan tentang pemeran Dono, Kasino Indro dalam film
SE - Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Jakarta Utara ...
SE - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai ...
SE - Ramadhan bulan penuh kesucian dan keberkahan. Bulan dimana
SE - Kabar baik untuk Anda yang memiliki banyak anak. Penelitian
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…