JoomlaLock.com All4Share.net

24 Kios Pedagang di Pasar Gelumbang menjadi Puing-puing

Puluhan kios semi permanen di Pasar Pagi Gelumbang tepatnya di Jalan Raya Gelumbang-Palembang Kecamatan GelumbangKabupaten Muaraenim, Sabtu (27/06/2015) sekitar pukul 19.00 hangus dilalap si jago merah.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun akibat peristiwa yang menghebohkan jelang ibadah Salat Isya dan Taraweh itu, puluhan kios yang didalamnya berisi barang dagangan hangus jadi abu. Akibat peristiwa itu juga, puluhan pedagang mengalami kerugian ratusan dan bahkan miliaran rupiah.

Kuat dugaan kebakaran terjadi lantaran terjadi konsleting arus listrik dari kios dagangan milik Kurni Aden yang merupakan pedagang elektronik. Namun hingga berita ini diturunkan petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan mengenai kepastian sebab kebakaran.

Kebakaran yang membuat heboh seluruh jamaah taraweh di masjid tak jauh dari pasar itu bermula ketika Lepi yang merupakan penjaga malam Pasar Raya Gelumbang, sekitar 19.00 melihat api cukup besar dari toko elektronik milik Kurni Aden. Tidak hanya melihat api cukup besar, Lepi bahkan melihat dan mendengar kepulan api beserta suara letupan dari dalam toko elektronik itu.

Melihat hal itu, Lepi langsung berlari keluar pasar dan mencari bantuan sambil berteriak minta tolong. Warga sekitar lokasi yang ramai dan dekat dengan masjid yang tengah ramai warga hendak salat, seketika mendatangi lokasi pasar dan mendapati kios sudah dipenuhi api yang membumbung tinggi.

Warga yang mengetahui telah terjadi kebakaran lalu beramai-ramai memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun karena api sudah membesar upaya dari masyarakat itu sia-sia lantaran api telah menjalar ke kios-kios lainnya.

Akibatnya, hanya butuh waktu hanya sekitar setengah jam, api menjalar dan menghanguskan puluhan kios dagangan di Pasar Raya Gelumbang tersebut. Api berhasil dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran dari kantor Camat Gelumbang dan mobil tangki air milik warga memadamkan api sekitar pukul 20.30.

“Habis dagangan kami, semuanya terbakar api. Kejadian sangat cepat, kami tidak bisa mengeluarkan barang, seluruh barang dagangan terbakar dan tidak ada tersisa,” ungkap Junaidi didampingi pedagang lainnya.

Sementara, Penjaga malam yang melihat api pertama yakni Lepi ketika dibincangi mengatakan, dirinya melihat api pertama setelah melakukan ronda dengan keliling seluruh pasar.

“Ketika tengah mengontrol kios-kios dagangan saya melihat api besar dan asap tebal dari toko milik Kurni Aden, kita teriak minta bantuan dan bersama warga memadamkan api tapi karena api sudah besar dan alat pemadam seadanya membuat kios-kios habis dilalap si jago merah,” bebernya sedih.

Sedangkan, pengurus pasar raya gelumbang, Burhayat menambahkan, akibat kebakaran itu sedikitnya 24 kios semi permanen yang ada dipasar tersebut hangus terbakar.

“Kios terbakar jika kita hitung sebanyak 24 kios, untuk penyebabnya sendiri masih simpang siur dan belum kita ketahui pasti,” katanya.

Kapolsek Gelumbang AKP Mulyono didampingi Kanit Reskrim, Aiptu Erick YP ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kejadian kebakaran yang menghanguskan kios-kios dagangan itu.

“Kejadian malam hari, kita masih menyelidiki apa penyebab kebakaran ini, dugaan sementara akibat konsleting arus listrik, namun pastinya masih kita selidiki,” tegasnya.

Palembang.tribunnews.com

Last modified on Saturday, 04 July 2015 07:42
Share this article

About author

Admin

PT. SEGUGUK EKSPRES INTERMEDIA
Jl.Veteran No.01 Kel.Cintaraja Kota Kayuagung
Kabupaten Ogan Komering Ilir – 30614 Sumsel

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Login to post comments
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…