JoomlaLock.com All4Share.net

Diduga Buntut Penertiban Pos Pantau, Preman di Sepanjang Jalintim OKI Lempari Truk Angkutan

SE, OKI - Pengendara kendaraan angkutan barang jenis mobil truk dan fuso yang melintas di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengeluhkan kerap terjadinya pemalakan di jalan. Apabila tidak berhenti dan memberikan sejumlah uang kepada preman jalanan, maka kendaraan mereka dilempari menggunakan batu.

Ulah para preman di sepanjang Jalintim tersebut, khususnya di Desa Celikah Kecamatan Kayuagung, Kecamatan Mesuji, dan Lempuing ini menimbulkan keluhan dari sejumlah sopir. Takut nyawanya dalam bahaya, para sopir inipun melaporkan permasalahan tersebut ke Mapolsek Kota Kayuagung, dengan maksud aparat berwajib dapat menindak aksi premanisme yang kerap membahayakan nyawa sopir dan kernet.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika OKI, Tohir Yanto SSos ketika dikonfirmasi membenarkan adanya keluhan dari para sopir angkutan yang mengaku mobilnya dilempari batu oleh para preman.

“Mungkin ini buntut dari penertiban pos pantau yang diduga dijadikan lokasi pungli terhadap para sopir beberapa waktu lalu. Disini kami Dishub OKI hanya bertugas menertibkan pos-pos pantau yang diduga pungli, untuk ulah preman yang melempari mobil angkutan barang, itu sudah lari ke ranah hukum,” kata Tohir.

Menurut Tohir, aksi pelemparan mobil angkutan oleh para preman terjadi malam hari setelah penertiban pos-pos pantau.

“Khususnya yang berada di Desa Celikah Kayuagung, sejumlah preman yang mangkal disana melempari truk angkutan yang melintas. Tapi hal itu sudah dilaporkan para sopir ke Polsek Kayuagung, jadi biarkan polisi yang akan menindak tegasnya,” tutur Tohir.

Penertiban pos-pos pantau tersebut, menurut Tohir, akan dilakukan juga di sejumlah lokasi di sepanjang Jalintim OKI, diantaranya Teluk Gelam, Lempuing, Lempuing Jaya dan Mesuji.

“Ada belasan titik di sepanjang Jalintim. Semuanya sudah kita data, tinggal lagi penertiban yang akan kita lakukan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini semuanya bisa kita tertibkan,” tegas Tohir yang tidak main-main untuk melakukan penertiban di Jalintim OKI.

Sementara itu, Kapolres OKI AKBP M Zulkarnain SIk melalui Kapolsek Kota Kayuagung AKP Hendra Gunawan SH didampingi Kanit Reskrim Ipda Sulardi SH membenarkan, adanya laporan dari sejumlah sopir yang mengaku dilempari batu oleh para preman saat melintas.

“Memang ada laporannya. Kita sudah turun ke lokasi, namun mereka berhasil kabur. Untuk sementara belum ada tersangka yang kita tetapkan. Petugas juga masih memantau kegiatan mereka (preman -red) di lapangan,” ujar AKP Hendra.

Ditambahkan Sulardi, pihaknya terus berupaya untuk melakukan penindakan secara tegas bagi preman yang meresahkan masyarakat maupun para sopir yang melintas di Jalintim Kayuagung. “Apabila polisi tahu akan langsung ditindak tegas,” jelas Sulardi yang meminta untuk tidak menulis para sopir yang melaporkan para preman di Jalintim demi keselamatan di jalan.

Seperti diketahui sebelumnya, tim gabungan Dinas Perhubungan bersama Polri dan TNI, melakukan penertiban terhadap pos pantau yang diduga kerap melakukan pungutan terhadap para sopir angkutan.

Personil gabungan menyisir beberapa titik pos pantau di wilayah Kayuagung, mulai dari Pos Pantau Agung Perkasa Prima Karim Jaya (APPK) dan Putra Pegagan (PP) yang berada di Jalintim, tepatnya Desa Celikah, empat penjaga pos langsung dikumpulkan untuk dimintai keterangan terkait pungutan yang mereka lakukan.

Selanjutnya para penjaga pos yang melakukan pungli diminta untuk menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya dan disuruh membongkar sendiri baleho dan pos milik mereka. Petugas gabungan melajutkan penertiban di Pos AK di Jalintim Kelurahan Cintaraja Kayuagung, Pos Pantau Bukit Asam di depan rumah makan Ami Berkah Kelurahan Jua-Jua. ®

Last modified on Saturday, 23 April 2016 05:19
Share this article

About author

Admin

PT. SEGUGUK EKSPRES INTERMEDIA
Jl.Veteran No.01 Kel.Cintaraja Kota Kayuagung
Kabupaten Ogan Komering Ilir – 30614 Sumsel

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Login to post comments
SE - Anda memiliki masalah dengan jerawat yang meradang? Cobalah
SE - Sudah rahasia umum bahwa merokok adalah kebiasaan yang ...
SE - Mejelis Ulama Indonesia (MUI) menyayangkan program di TVRI
SE - Pertanyaan tentang pemeran Dono, Kasino Indro dalam film
SE - Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Jakarta Utara ...
SE - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai ...
SE - Ramadhan bulan penuh kesucian dan keberkahan. Bulan dimana
SE - Kabar baik untuk Anda yang memiliki banyak anak. Penelitian
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…